Memilih Bibit Tanaman yang Baik

Bagaimana Cara Memilih Bibit Tanaman yang Baik

Pada kesempatan kali ini, mari kita membahas cara untuk Memilih Bibit Tanaman yang Baik

Memilih bibit tanaman yang baik adalah hal yang cukup sulit dilakukan oleh masyarakat yang baru saja memulai untuk membudidayakan jenis buah atau tanamantertentu. Hal ini dapat terjadi karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman untuk menentukan seperti apa bibit buah unggul yang mampu menghasilkan buah yang berkualitas.

Tanaman berkualitas akan sangat menentukan keberhasilan suatu budidaya, sebab bibit akan menghasilkan tanaman buah berkualitas yang memiliki nilai jual tinggi. Dikarenakan alasan inilah memilih bibit tanaman yang baik sangat penting untuk diterapkan sebelum mulai menanam jenis tanaman buah tertentu.

Jangan sampai keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki membuat Anda ragu untuk membeli bibit tanaman buah yang akan ditanam. Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara memilih bibit tanaman yang baik . Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1.Perhatikan Bagian Daun

Memperhatikan daun dalam Memilih Bibit Tanaman yang Baik

Secara umum, bibit buah yang unggul bisa diperhatikan dengan mudah selalui bagian daunnya. Saat akan memilih bibit secara umum, bibit buah yang unggul bisa diperhatikan dengan mudah melalui bagian daunnya. Saat akan tanaman, yang harus dipastikan adalah daunnya berwarna hijau cerah atau bagian pucuknya yang hijau kemerahan.

Pastikan juga di semua bagian daun tidak ada bekas termakan ulat dan hama yang lain. Daun yang sehat tidak akan menggulung dan keriting jika diperhatikan. Yang harus dipastikan adalah daunnya berwarna hijau cerah atau bagian pucuknya yang hijau kemerahan.

Pastikan juga di semua bagian daun tidak ada bekas termakan ulat dan hama yang lain. Daun yang sehat tidak akan menggulung dan keriting jika diperhatikan.

2.Jeli Melihat Batang Tanaman

Mempertahatikan tangkai Memilih Bibit Tanaman yang Baik

Setelah kondisi daun tidak ada masalah, maka lanjutkan dengan memperhatikan batang tanaman sebelum membeli. Batang tanaman yang sehat tidak akan ada bekas sambungan pada batang, selain itu batang yang baru muncul akan tegak lurus ke atas atau ke bawah dan tidak bengkok.

Kami sangat menyarankan Anda untuk tanaman yang sudah memiliki cabang. Selanjutnya jangan memilih yang memiliki jamur di sekitar batang, bibit dengan ciri-ciri demikian bukan termasuk bibit unggul yang baik untuk ditanam.

Batang tanaman yang sehat akan memiliki bentuk yang proporsional dengan batang utama yang tegak lurus dan tidak melengkung. Bagian ujung ranting terlihat kuncup yang mengindikasikan adanya pertumbuhan pada tanaman tersebut.

3.Akar Jarang Diperhatikan Saat Membeli Tanaman

Memperhatikan akar saat akan Memilih Bibit Tanaman yang Baik

Akar merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan saat akan memilih bibit buah, namun bagian ini sangat jarang diperhatikan oleh sebagian orang yang akan membeli bibit buah.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membongkar media tanam dan memperhatikan akar serabut pada tanaman tersebut. Bibit buah yang berkualitas dan mampu tumbuh subur ditandai dengan akar serabut yang sangat banyak dan sangat mudah terlihat.

4. Membeli Biji Sebagai Bibit Tanaman

Coba Anda rendam biji tersebut ke dalam air, selanjutnya perhatikan bibit tersebut saat direndam. Bibit yang berkualitas akan tenggelam di dalam air dan tidak akan melayang atau mengapung.

Jika cara tersebut sudah dilakukan, maka selanjutnya perhatikan permukaan bibit. Anda harus memastikan tidak ada gigitan serangga di permukaan bibit dan pastikan juga biji terlihat kuat saat ditekan serta segar.

Saran yang bisa kami berikan kepada Anda yang akan membeli bibit dalam bentuk biji adalah sebaiknya beli bibit yang sudah tersertifikasi dariĀ  pihak instansi pertanian yang berhubungan.

5. Menentukan Bibit Unggul Dengan Cara Vegetatif (Cangkok, Stek, dan yang lain)

Jika dibandingkan dengan bibit yang dibeli dalam bentuk biji, membeli bibit hasil cangkok atau yang dikembangkan dengan cara vegetatif ternyata lebih baik. Alasannya adalah bibit buah yang berasal dari hasil cangkok lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan tanaman yang dikembangkan dengan cara generatif atau biji.

6. Umur Bibit yang Ideal

Mengapa umur bibit sangat penting untuk Anda perhatikan saat membeli?

Bibit yang masih terlalu muda dan belum siap untuk dipindahkan bisa mengakibatkan bibit menjadi stres. Bibit yang stres pada akhirnya akan membuat tanaman mudah sakit dan selanjutnya mengalami kematian.

Sebaiknya Anda memilih bibit buah mangga yang telah berusia di atas 1 tahun. Bibit yang berusia kurang dari 1 tahun belum cocok untuk dipindahkan ke tempat penanaman lain dan rentan stres.

Demikianlah beberapa tips untuk memilih bibit tanaman yang baik, anda juga bisa mencari bibit buah atau tanaman pada toko kami, anda bisa klik disini atau juga bisa menghubungi lewat facebook kami disini

Hubungi Kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *